PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X A PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KUMON BERBANTUAN MODUL “GENERAL JOURNAL TRAINING MODULE†DI SMK NU WAHID HASYIM TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui metode pembelajaran kumon berbantuan modul “general journal training
module†dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar Jurnal Umum Perusahaan Jasa kelas X
AK SMK NU Wahid Hasyim Talang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari 2 siklus. Metode analisis data penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian siklus I
siswa yang tuntas belajar 19 siswa (76%) dan tidak tuntas 6 siswa (24%) dengan rata-rata kelas 78,2, sedangkan
siklus II siswa yang tuntas belajar 22 siswa (88%) dan tidak tuntas belajar 3 siswa (12%) dengan rata-rata kelas
81,08. Adapun aktifitas siswa terhadap pembelajaran siklus I adalah 88% dan siklus II mencapai 100%.
Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 73% dan siklus II mencapai 82%. Simpulan dari
penelitian ini adalah metode pembelajaran kumon berbantuan modulâ€general journal training module†dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Laporan Jurnal Umum Perusahaan Jasa.
Â
Research purposes to determine the Kumon method assisted learning modules "general journal training module
" can improve learning outcomes accounting basic competency Journal of Public Com panies Accounting class
X SMK NU Wahid Hasyim Talang academic year 2013/2014 . This research is a class act consisting of two
cycles. The analyze data collection method is a descriptif method. The results of students who completed the
first cycle study 19 students (76 %) and did not complete 6 students (24%) with an average grade of 78.2 , while
the second cycle students who pass the study 22 students (88%) and did not pass the study 3 students (12 %)
with an average grade 81.08 . The activities of students towards learning first cycle was 88 % and the second
cycle reaches 100 % . While the teacher in the learning activities of the first cycle reaches 73 % and the second
cycle to 82 % . Conclusions from this research is a method of learning can improve stude nt learning outcomes in
basic competencies Junal Reports Commercial Services Company.
Article Details
References
http://astri.blogspot.com. (9 April.2013).
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar &
Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
CV Pustaka Setia.
Jenandilkm, Richie. 2012. Metode Pembelajaran
Kumon.
http://Jenandilkm.blogspot.com/2012/05/m
odel-pembelajaran-kumon.html (2 April.2013).
Muttaqin. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Pada Materi Siklus Akuntansi
Perusahaan Jasa Dengan Menggunakan
Modul Praktikum Di SMA Negeri 1 Bangsri
Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.
Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.
Nur’aini. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta:
Cipta Media.
Pohan, Saut Jen. 2011. “Penerapan Kolaborasi Model
Pembelajaran Kumon Dan Talking Stick Dapat
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar
Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1
Babalan P. Brandan Tahun Pelajaran
2011/2012â€. http://library.unimed.ac.id. (21
Maret.2013).
Pummawan, Acharee. 2007. The Development Of An
E-Learning Module On The Sandy Shores
Ecosystem For Grade-8 Secondary Students.
http://learning_modul.pdf. (31
Maret.2013).
Rakhmatulloh, Zaki. 2010. Keefektifan Model
Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar
Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa
Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1
Ketanggungan Tahun Pelajaran 2009/2010
untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar).
Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pancasakti Tegal.
Sudjana, Nana dan Ahmad Riva’i. 2009. Teknologi
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sumartinah, Pargito, dan Pujiati. 2012.
“Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis
Kompetensi Untuk Siswa Sekolah Menengah
Atas Dan Madrasah Aliyah Kelas XIâ€.
http.library.unimed.ac.id. (14
Maret.2013).
Weischadle, David E. 2010. Extended Learning
Opportunities : Some Lessons From The Field.
http://www.kumon_resources_david e
weischadle.pdf (31 Maret.2013).