Kesiapan Kerja Siswa: Studi Empiris tentang Pengaruh Mediasi Employability Skill : Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Employability Skill

Main Article Content

Dewi Noviyanti
Rediana Setiyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konsep diri, praktik kerja industri, dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja baik secara langsung maupun melalui employability skill. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga yaitu sejumlah 93 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan kerja, konsep diri, praktik kerja industri, bimbingan karier dan employability skill berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri, praktik kerja industri, bimbingan karier dan employability skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Konsep diri, praktik kerja industri (prakerin) dan bimbingan karier berpengaruh positif terhadap employability skill. Konsep diri, praktik kerja industri dan bimbingan karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja melalui employability skill. Peran employability skill dalam memediasi variabel konsep diri, praktik kerja industri dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja bersifat partial mediation. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri, praktik kerja industri dan bimbingan karier berpengaruh terhadap kesiapan kerja baik secara langsung maupun tidak langsung.

Article Details

How to Cite
Noviyanti, D., & Setiyani, R. (2019). Kesiapan Kerja Siswa: Studi Empiris tentang Pengaruh Mediasi Employability Skill. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 551-567. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31481
Section
Articles