Peran Self Regulated Learning dalam Hubungan Motivasi Belajar, Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui peran self-regulated learning dalam hubungan motivasi belajar, prokrastinasi, dan kecurangan akademik pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015. Populasi penelitian 372 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Universitas Negeri Semarang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 193 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur.Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan akademik. Sedangkan secara parsial motivasi belajar (-23,2%) berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik dan prokrastinasi (20%) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan akademik. Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar, prokrastinasi, dan self regulated learning terhadap kecurangan akademik. Motivasi belajar dan prokrastinasi berpengaruh terhadap kecurangan akademik melalui self regulated learning sebagai variabel intervening yang memediasi secara partial. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa hendaknya tidak menunda-nunda tugas kuliah agar dapat mencegah terjadinya perilaku kecurangan akademik.