EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SQUARE BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif model Think Pair Square
berbantuan video pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa pada Kompet ensi Dasar (KD) menyusun
laporan keuangan perusahaan jasa kelas XI IPS SMA 11 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Rancangan
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain Control Group Pretest-Postest. Metode analisis data
yang digunakan yaitu analisis deskriprif, uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan, dan uji ketuntasan belajar
klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas namun tidak efektif. Adanya
peningkatan kreativitas ditunjukan dari t
hitung
(8,13) yang lebih besar dari t
tabel
(2,07) dan dikatakan tidak efektif
karena uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan tidak menunjukan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol
ditunjukan dengan t
hitung
(0,28) kurang dari t
tabel (
2,01), uji ketuntasan belajar b elum tuntas secara klasikal
ditunjukan dari 79% siswa yang tuntas kurang dari 80 % dan hanya analisis deskriprif yang menunjukan aktivitas
kreatif kelas eksperimen(cukup aktif) lebih baik dari kelas kontrol (kurang aktif).
Â
The purpose of this study was to determine the effectiveness of cooperative learning model Think Pair Square
video -assisted learning in improving students' creativity on Basic Competency to prepare financial statements
XI IPS SMA 11 Semarang academic year 2012/2013 . The research design used in this study is the design of
pretest-posttest control group. Data analysis methods used are deskriprif analysis , test the average difference of
the right hand , and the completeness of classical learning test . The results showed that there was an increase
in creativity but not effective . An increase creativity shown from t
count
(8.13) greater than t
table
(2.07) and is said
to be effective because of the difference in average test the right hand does not show the experimental classes are
better than control classes indicated by t
count
(0.28) is less than t
table
(2.01) , the test is not yet complete mastery
learning classical indicated 79 % of students who completed less than 80 % and only deskriprif analysis that
shows the creative activity of the experimental class (quite active) better than the control class (less active).
Article Details
References
Pustaka Setia
Hamzah, Ardi. 2007. Pengaruh Sosiologi Kritis,
Kreatifitas, dan Mentalitas terhadap
Pendidikan Akuntansi. Simposium Nasional
Akuntansi X. (Online serial) PA-05.
http://alfiansyah.blog.fisip.uns.ac.id/files/2011/12/J
ournal-nas-4.pdf. (14 Februari. 2013)
Hapsari, Sri. 2005. Bimbingan dan konseling SMA.
Jakarta: Grasindo
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan
kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ittelkom. 2011. Kegagalan Sistem Pendidikan “Asiaâ€
http://students.ittelkom.ac.id/web/viewtopic.
php?t=5137&start=0&postdays=0&postorder
=asc&highlight=. (28 Januari 2013 )
Rasoli, Yousef. 2012. Investigating Influence of
Innovation Active Pattern in Increasing
Student’s Creativity. American Journal of
Scientific Research. 84-89 (Online serial).
http://www.eurojournals.com/ajsr.htm. (15
Februari 2013)
Saparahayuningsih, Sri. 2010. Peningkatan
Kecerdasan dan Kreativitas Siswa. Jurnal
Kependidikan Dasar, Volume 1, No 1: 1-6.
(Online serial).
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=
&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=
0CC4QFjAA&url=http%3A%2F%2Fjournal.
unnes.ac.id%2Fnju%2Findex.php%2Fkreatif
%2Farticle%2Fdownload%2F1665%2F1872&
ei=kMq3UbWKLM3trQfk-IHIDg&usg=AFQjCNGMSEzDGQZTEyrQr
IFVXGrPg5wxxQ&bvm=bv.47810305,d.bmk.
(14 Februari. 2013)
Sudrajat, Akhmad. 2008. Kreativitas di Sekolah.
akhmadsudrajat.wordpress.com/?s=Kreativitas+di+S
ekolah. (23 Januari. 2013).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan:
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alvabeta
Tresnayanti, Ni Made Dwi, dkk. 2013. Pengaruh
Model Pembelajaran Think Pair Square
terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi
Belajar IPS Siswa kelas VII di SMP N 3
Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. e-Journal
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha, Volume 3 Tahun 2013: 1-9. (Onlin
eserial).
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s
&source=web&cd=16&cad=rja&ved=0CFQQ
FjAFOAo&url=http%3A%2F%2Fpasca.undik
sha.ac.id%2Fe-journal%2Findex.php%2Fjurnal_pendas%2Fa
rticle%2Fdownload%2F519%2F311&ei=yDD
VUeyqKsamrQf94oDoDw&usg=AFQjCNFai
y9CnKq4fB6NeuwK29UfMVGz0g&bvm=bv.
48705608,d.bmk. (4 Juni 2013).