Pengaruh Lokasi Usaha, Pengalaman Usaha dan Pengelolaan Pasar Terhadap Omzet Penjualan Pedagang Setelah Revitalisasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara lokasi usaha, pengalaman usaha dan pengelolaan pasar terhadap omzet penjualan pedagang setelah revitalisasi pada Pasar Rogowangsan Kabupaten Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang tetap di Pasar Rogowangsan yang berjumlah 207 pedagang dengan jumlah sampel sebanyak 67 pedagang yang dihitung dengan rumus slovin. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh persamaan regresi Y = -555 + 0.019X1 + 0.036X2 + 0.020X3 e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Lokasi Usaha, Pengalaman Usaha dan Pengelolaan Pasar berpengaruh secara simultan terhadap Omzet Penjualan Pedagang setelah revitalisasi sebesar 71,7%, lokasi usaha berpengaruh secara parsial terhadap omzet penjualan pedagang sebesar 28,94%, pengalaman usaha berpengaruh secara parsial terhadap omzet penjualan pedagang sebesar 9,73%, pengelolaan pasar berpengaruh secara parsial terhadap omzet penjualan pedagang sebesar 17,13%.