Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Menjadi Guru
Main Article Content
Abstract
Kesiapan menjadi guru adalah kesiapan seseorang yang telah memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan pengajaran dengan segala kompetensi yang dimilikinya. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan motivasi mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013, baik secara simultan maupun parsial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis ststistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh analisis deskriptif kesiapan menjadi guru termasuk dalam kategori rendah, lingkungan keluarga termasuk dalam kategori tinggi, prestasi belajar termasuk dalam kategori sangat memuaskan, dan motivasi mahasiswa termasuk dalam kategori rendah. Lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan motivasi mahasiswa secara simultan berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 dengan kontribusi sebesar 51,4%, secara parsial lingkungan keluarga berpengruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 26,42%, prestasi belajar berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 6,86%, dan motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 23,52% terhadap mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013.