Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar

Main Article Content

Siti Mega Farihatun
Rusdarti Rusdarti

Abstract

Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Posttest-only control design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI Penasaran t3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol menggunkan metode konvensional. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan peningkatan kreativitas, hasil belajar dan pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil analisis keefektifan pembelajaran kelas eksperimen dengan metode Project Based Learning (PjBL) menunjukkan rata-rata hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 76,81 dan kelas eksperimen sebesar 79,94 dengan dk=31. Serta  diperoleh  sebesar 3,044 dan  sebesar 1,684 dengan taraf signifikasi 5%. Karena  lebih besar dari . Hal tersebut menunjukkan kemampuan peningkatan kreatifitas dan hasil belajar pada materi penataan penataan barang dagangan menggunakan pembelajaran project based learning lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran  konvensional pada kelas XI PM SMK Negeri 2 Semarang.

Article Details

How to Cite
Farihatun, S., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499
Section
Articles