Pengaruh Internal Locus of Control dan Dukungan Sosial Terhadap Career Adaptability
Main Article Content
Abstract
Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Nonkependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh internal locus of control dan dukungan sosial terhadap career adaptability mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNESĀ angkatan 2015 dan 2014 yang berjumlah 773 mahasiswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling sehingga jumlah sampelnya adalah 202 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatanĀ kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, inferensial, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial internal locus of control berpengaruh positif terhadap career adaptability sebesar 44,62%, dukungan sosial berpengaruh positif terhadap career adaptability sebesar 3,88%. Sedangkan secara simultan variabel internal locus of control dan dukungan sosial berpengaruh terhadap career adaptability sebesar 55%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan signifikan antara internal locus of control dan dukungan sosial baik secara parsial maupun simultan terhadap career adaptability mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES.