Pengaruh Penerapan Moving Class, Disiplin Belajar, dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar

Main Article Content

Minchoiril Chotimah
Nina Oktarina

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan moving class, disiplin belajar, dan peran guru terhadap hasil belajar mata pelajaraan teknologi perkantoran kelas X di SMK Negeri 2 Temanggung secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Temanggung. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 72 siswa. Analisis data menggunakan deskriptif presentase, regresi berganda secara parsial dan simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan moving class, disiplin belajar, dan peran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (0,000<0,05). penerapan moving class berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (0,007<0,05). Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (0,031<0,05). Peran guru berpengaruh positif dan signifikansi terhadap hasil belajar (0,034<0,05). Simpulan dari penelitian ini bahwa secara parsial  dan simultasn penerapan moving class, disiplin belajar, dan peran guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Chotimah, M., & Oktarina, N. (2019). Pengaruh Penerapan Moving Class, Disiplin Belajar, dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 731-742. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31503
Section
Articles