Pengaruh Kinerja Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan secara tidak langsung kinerja pegawai, komunikasi interpersonal dan lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Responden dalam penelitian ini adalah masyarkat penerima layanan di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan sampel sebanyak 115 responden yang dihitung menggunakan rumus iterasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dengan Non-Probability Sampling menggunakan pendekatan Incidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase, analisis uji asumsi klasik, analisis uji hipotesis dan analisis jalur. Analisis hipotesis dan analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung antara kinerja pegawai, komunikasi interpersonal dan lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan masyarakat pada Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Hasil analisis hipotesis dan analisis jalur juga menunjukkan ada pengaruh secara tidak langsung antara kinerja pegawai, komunikasi interpersonal dan lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan.