Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dengan Bantuan Media Pembeajaran Buku Saku Matematika Ekonomi

Main Article Content

Depi Pramika
Devi Nur Ahni Oktavia Putri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan metode pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dengan bantuan media pembelajaran buku saku matematika ekonomi. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa semester 2 tahun akademik 2018/2019 yang mengambil mata kuliah matematika ekonomi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dengan bantuan media pembelajaran buku saku matematika ekonomi meningkat dari siklus I ke siklus II dan mencapai target yang ditetapkan yaitu 70% dari jumlah mahasiswa di kelas atau rata-rata memperoleh nilai ≥B. Dimana pada Siklus I hasil belajar mahasiswa mencapai indikator keberhasilan 70% degan memperoleh nilai rata-rata 7,0. Pada Siklus II hasil belajar mahasiswa yang berjumlah 30 orang semuanya mencapai nilai ≥B dengan nilai rata-rata 8,3. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian kepada dosen-dosen atau pengajar agar dapat menggunakan metode pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) ini dalam pembelajaran matematika ekonomi serta dapat memanfaatkan media belajar yang tersedia yaitu buku saku matematika ekonomi dan dapat juga menggunakan metode pemebelajaran ini pada mata kuliah lainnya, karena metode peer tutoring ini merupakan sebuah pembelajaran yang dapat menuntut mahasiswa aktif dalam belajar.

Article Details

How to Cite
Pramika, D., & Putri, D. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dengan Bantuan Media Pembeajaran Buku Saku Matematika Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 774-781. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31508
Section
Articles