Peran Kualitas Pelayanan Dalam Memediasi Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Pemanfaatan Siak Terhadap Kepuasan Masyaraka

Main Article Content

Elizah Elizah
Wahyono Wahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara kompetensi pega- wai, disiplin kerja, dan pemanfaatan SIAK terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kabupaten Tegal yang telah berumur minimal 17 tahun dan telah mendapatkan pelayanan pada Disdukcapil Kabupaten Tegal dengan jumlah sampel 115 orang yang dihitung dengan menggunakan rumus iterasi dengan teknik insidental sampling. Metode pen- gumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan signifikansi sebesar 5%. Hasil perhitungan data diperoleh persamaan mediasi yang selanjutnya disingkat dengan M= 30,968 + 0,133X1 + 0,121X2 + 0,156X3 + 0,837e1 dan kepuasan masyarakat yang selanjutnya disingkat dengan Y = 1,130 + 0,520X1 + 0,547X2 + 0,075X3 + 0,051M + 0,620e2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pegawai dan disip- lin kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan masyarakat. Namun, Variabel pemanfaatan SIAK dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan variabel kompetensi pegawai, disiplin kerja, dan pemanfaatan SIAK memiliki pengaruh positif secara tidak lang- sung terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan.

Article Details

How to Cite
Elizah, E., & Wahyono, W. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Dalam Memediasi Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Pemanfaatan Siak Terhadap Kepuasan Masyaraka. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 847-865. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31520
Section
Articles