EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS PERUSAHAAN DAGANG PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Meta Aditya Handayani

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode drill berbantuan modul dapat meningkatkan hasil belajar
akuntansi kompetensi dasar Jurnal Khusus kelas XII IPS SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2013/2014 .
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPS
SMA Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes
dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-tets dan independent sample t-test. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dilihat dari 61,16 meningkat mencapai
80,89. Selain itu menunjukkan hasil rata-rata nilai post-test sebesar 80,89 pada kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan nilai post-test sebesar 77,29 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran drill berbantuan modul dapat meningkatkan
hasil belajar serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa k ompetensi dasar jurnal khusus.

 

Research purposes to determine the application of assisted modules drill method to improve learning outcomes
of accounting competence base class XII IPS Special Journal SMA Negeri 10 Semarang school year
2013/2014. This study uses a quasi-experimental methods. The population in this study were all class XII IPS
SMA Negeri 10 Semarang Academic Year 2013/2014. Data collection method is by using tests and
observation. Hypothesis testing using paired sample t-tets and independent sample t-test. Results showed
improved learning outcomes seen in the experimental classes increased to 80.89 from 61.16. In addition it
shows the results of the average post-test score of 80.89 in the experimental class higher than the post -test score
of 77.29 in the control class. Based on the results of this study concluded that learning by using drill -assisted
learning modules to improve learning outcomes and effective in imp roving student learning outcomes basic
competencies specific journals.

Article Details

How to Cite
Handayani, M. (2014). EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS PERUSAHAAN DAGANG PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3154
Section
Articles

References

Booth, Charles and Jane Harrington. 2002. Research
Methods Modules and Undergraduate Business
Research An Investigation. Bristol Business
School.http://www.heacademy.ac.uk/ass
ets/bmaf/documents/publications/IJME
/Vol3no3/Booth_UG_business_research.
pdf (9 Maret 2013)

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta

Firmansyah, Zakaria. 2011. Perbedaan Model
Pembelajaran Dril And Practice Dengan
Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar
TIK Standar Kompetensi Menggunakan Perangkat
Lunak Pengolah Kata Kelas X SMA Islam.
http://library.um.ac.id (5 April 2013)

Ibrahim, R dan Nana. Syaodih. 2010. Perencanaan
Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikmah, dkk. 2012. Efektivitas Penerapan Metode TAI
(Team Assisted Individualization) Berbantuan
Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar
Ekonomi. Economic Education Analysis
Journal 1 (1) (2012).
http://journal.unnes.ac.id (30 April 2013)

Kartikasari, Lya Veronica. 2010. Implementasi Metode
Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Peningkatan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada
Siswa Kelas XI-S3 SMA Negeri 4 Surakarta
Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010.
Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
http://dglib.uns.ac.id (9 Maret 2013)

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses
Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Membuat Bahan Ajar
Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pummawan, Archaree. 2007. The Development Of An E
– Learning Module On The Sandy Shores
Ecosystem For Grade -8 Secondary Students.
Volume I, No 1 Januari – Desember 2007.
http://www.edu.buu.ac.th/journal/journ
alinter/p95.pdf (11 Maret 2013)

Ratnaningsih, Enok. 2012. Meningkatkan Pemahaman
dan Keterampilan Siswa Terhadap Hukum Bacaan
Qolqolah dan Ro’ di SMP Negeri 1 Subang.
Volume 10 No
1.http://jurnal.upi.edu/file/6_Efektivitas
_Metode_Drill.pdf (11 Maret 2013).

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009.
Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES
Press.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.

Santosa. 2009. Optimalisasi Penggunaan Modul Untuk
Meningkatkan Penguasaan Materi Integral Bagi
Siswa Kelas XII IPA-3 SMA Negeri 1 Surakarta
pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2007/2008.
Volume 2 No.1 Februari 2009.
http://etd.eprints.ums.ac.id (26 Febuari
2013)

Setyaningrum, Dyan. 2012. Studi Komparasi Hasil
Belajar Akuntansi Dengan Menggunakan Metode
Drill dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas
XI IPS Di SMA NU 01 Penawaja Adiwerna
Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas
Pancasila Tegal Fakultas Keguruan dan Ilmu
Kependidikan.
http://perpus.fkip.ups.web.id (11 Maret
2013)

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Woodward, John. 2006. Developing Automaticity in
Multiplication Facts: Integrating Strategy
Instruction with Timed Practice Drill. Volume 29
Fall 2006.
http://www2.ups.edu/faculty/woodwar
d/LDQfall06.pdf (9 Maret 2013)