PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)
Main Article Content
Abstract
Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa menjadi materi yang dianggap sulit bagi siswa sehingga perlu
inovasi model pembelajaran agar lebih mudah dipahami sis wa. Model pembelajaran tipe TAI menjadi salah satu
model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan
memberikan hasil belajar lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian
ini menggunakan metode quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar setelah
perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 69,87 dan post-test sebesar 85,07 pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata -rata nilai
pre-testnya sebesar 70,76 dan post-test sebesar 79,69. Analisis hasil aktivitas siswa pada kedua kelas menunjukkan
kenaikan sebesar 12,77% pada kelas eksperimen dan 9,77% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan dan
memberikan hasil belajar yang lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Â
The basic competence in financial statement of service company is pretended to be one of the difficult material to the most of
students because it needs the comprehension to identify, analyze, and practice so it is necessary to make the innovation of t he
learning model so that the students could be easier in comprehe nding the material. The TAI model of learning type into one of
innovative teaching methods to improve student result of study. The purpose of this research is to determine The
Implementation of Team Assisted Individualization (TAI) Model of Cooperative Learning can improve the study result and
give student’s learning result is higher than using conventional learning models. This research is kind of quasi experiment
research with design Nonequivalent control group design. The result showed that there was an improvement of the study result
after the treatment using TAI of cooperative learning method as seen in the average of pre -test score was 69.87 and post- test
score was 85.07 in the experimental group was higher than the control group with the average of th e pre-test score was 70.76
and post-test score was 79.69. The analysis of students’ activity in the both classes showed the improvement as big as 12.77% in
the experimental group and 9.77% in the control group. Based on reserach, it can be concluded that the aplication of
cooperative learning model type of team assisted individualization (TAI) to be able improving and give student’s learning res ult
is higher than using conventional learning models.
Article Details
References
2012. Effect of Framing and Team Assisted
Individualized Instructional Strategies on
Students’ Achievement in Mathematics.
International Journal of Instruction, Vol.3, No.1, 4 -18.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2008. Desain Penelitian Eksperimental
Teori, Konsep dan Analisis Data dengan SPSS
16.0. Semarang : Badan Penerbit Universitas
Diponegoro
Glover, Derek. dan Law, Sue. 2005. Improving
Learning (Professional Practice in Secondery
Schools). Jakarta : PT Grasindo.
Isjoni. 2007. Cooperatif Learning Mengembangkan
Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung:
Alfabeta.
Pengertian, Definisi Hasil Belajar Siswa.
http://aadesanjaya.blogspot.com [Diakses
tanggal 10 Maret 2013]
Pengertian Model Pembelajaran.
http://belajarpsikologi.com [Diakses
tanggal 10 Maret 2013]
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi
Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning .
Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta : PT Rineka Putra
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning (Teori dan
Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Waryuman, Devi R. 2010.). Penerapan Metode
Pembelajaran Team Assisted individualization
(TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa
mata pelajaran teknologi informasi dan
komunikasi.
http://www.halimahnur26.blogspot.com
(29