PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 6 SEMARANG TAHUN 2012/ 2013
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling dan didapat sampel sejumlah 144 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu kompetensi guru dan motivasi belajar siswa, dan variabel terikat yaitu prestasi belajar. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kompetensi guru termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 83%, dan untuk motivasi belajar siswa termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 76%, sedangkan untuk prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu termasuk dalam kategori tidak tuntas dengan rata-rata skor sebesar 67,8. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 65,622 + 0,000  + 0,044 . Besarnya pengaruh secara simultan dari kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu yaitu sebesar 1%. Diantara kompetensi guru dan motivasi belajar yang memberikan pengaruh paling besar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu secara parsial adalah motivsi belajar yaitu sebesar 3%, sedangkan kompetensi guru berpengaruh lebih kecil sebesar 1,7%.
This study aims to know if there is any teacher effect and students motivation toward social studies subject achievement of eight grade students of SMP Negeri 6 Semarang year 2012/2013. The population of this study is the eight grade students of SMP Negeri 6 Semarang. The sampling technique used is proportional random sampling and obtained a sample of 144 students. Variables of the study consists of independent variable of teacher competence and students motivation, and dependent variable is the achievement. Based on descriptive analysis presentage showed that the precentage of teacher competence included good criterion with a precentage of 84 % and for students motivation included in good criterion with a precentage of 83 %, meanwhile fo the achievement in social studies included the unfinished category with the average score of 67,8. The result of multiple linear regression analysis obtained equation Y = 65,622 + 0,000 + 0,044 . Simultaneusly the magnitude of teacher Effect and students motivation toward social studies subject is 1%. Between teacher competence and students motvation that gives the most influence on learning achievement of social studies subject partially is the learning motivation is equal to 3%, while the effect of teacher competence is smaller by 1,7%.
Article Details
References
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2009. Jakarta: Diperbanyak oleh Sinar Grafika Offset.
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.