PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “SEGARBO” KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG

Main Article Content

Desi Arisandi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, dan motivasi anggota terhadap kepuasan anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “SEGARBO†Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi berjumlah 249 anggota dengan sampel 72 anggota. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus dan motivasi anggota terhadap kepuasan anggota sebesar 52,1%. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 6,2%, kemampuan manajerial pengurus berpengaruh sebesar 12% dan motivasi anggota  berpengaruh sebesar 7,2%. Dengan kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus dan motivasi anggota yang baik maka akan meningkatkan kepuasan anggota.

 

The purpose of the research is to find out the influence of service quality, managerial ability of the administrator and member’s motivation to the member’s contentment of Koperasi Pegawai Republik Indonesia â€SEGARBO†Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. This research is a quantitative research, with amount of population is 249 members and amount of sample is 72 members. The Method that used to gathering data is quisioner and documentation. Analysis data method uses descriptive analysis, multiple linier regression and classical assumption test. The result of the research shows there is influence of service quality, managerial ability of the administrator and member’s motivation to the member’s contentment in the amount of 52,1%. Partialy, service quality influential in the amount of 6,2%, managerial ability of administrator influential in the amount of 12%  and the member’s motivation influential in the amount of 7,2%. With good service quality, managerial ablity of the administrator and good member’s motivation, so that will increase the member’s contentment.

Article Details

How to Cite
Arisandi, D. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “SEGARBO” KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3177
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.
Pratama. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota dan Calon Anggota Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Purwokerto. On line at http://journal.unnes.ac.id [di akses tanggal 2 April 2013].
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Uno, B Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Widiyanti, Ninik.2002. Manajemen Koperasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta