Pengaruh Kompetensi, Komitmen, Kinerja, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Main Article Content

Ana Solekhati Dewi
Muhsin Muhsin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi, komitmen, kinerja, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pemohon KTP-el di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sejumlah 1672 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu area random sampling sebanyak 152 responden. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil uji simultan menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan kompetensi, komitmen, kinerja, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil uji parsial menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan masing-masing variabel yaitu kompetensi, komitmen, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Sedangkan untuk variabel kinerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kepuasan masyarakat dapat dicapai dengan meningkatkan kompetensi, komitmen, dan kualitas pelayanan di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.

Article Details

How to Cite
Dewi, A., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Komitmen, Kinerja, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1249-1259. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.34954
Section
Articles