Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik

Main Article Content

Ayuni Tri Haryanti
Nanik Suryani
Fahrur Rozi

Abstract

 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, citra sekolah, dan emosional terhadap kepuasan peserta didik kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 237 peserta didik pada kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain kausalitas. Total sampel 149 peserta didik dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Secara simultan kualitas pelayanan, citra sekolah, dan emosional berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik kelas XI di SMK Taman Siswa Banjarnegara sebesar 65,9%. Kemudian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 6,25%, citra sekolah berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 19,80%, dan emosional berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik sebesar 13,99%.

Article Details

How to Cite
Haryanti, A., Suryani, N., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1260-1274. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.34955
Section
Articles