Optimalisasi Kualitas Pelayanan Prima Melalui Kebijakan Pemekaran Wilayah Kecamatan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan prima setelah pemekaran wilayah kecamatan di Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung kantor kecamatan yang merupakan masyarakat Kecamatan Kembang, Pakis Aji dan Donorojo Kabupaten Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus iterative dan didapat jumlah sampel yang menjadi responden sebanyak 115 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan rumus angka indeks. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rata-Rata Indeks Total Sebesar 86,37%. Besarnya rata-rata angka indeks masing-masing dimensi yaitu pada dimensi tangible (bukti fisik) sebesar 89,94%, reliability (kehandalan) sebesar 83,97%, responsiveness (ketanggapan) sebesar 86,57%, assurance (jaminan) sebesar 88,02%, dan emphaty (empati) sebesar 83,38%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan prima kantor kecamatan setelah pemekaran wilayah kecamatan di Kabupaten Jepara baik dan sesuai dengan standar pelayanan administrasi kecamatan, dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan angka dengan kategori tinggi.