Pengaruh Tata Ruang Kantor, Penataan Arsip, Fasilitas Kantor, dan Kompetensi Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Ketatausahaan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh tata ruang kantor, penataan arsip, fasilitas kantor, dan kompetensi pegawai terhadap peningkatan kualitas pelayanan ketatausahaan. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 977 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan proportional random sampling dan dengan menggunakan rumus slovin didapat responden dengan jumlah 284 siswa. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah KL = 5,321 + 0,086PTRK + 0,268PA + 0,208FK + 0,630KP +e. Besarnya pengaruh secara simultan antara tata ruang kantor, penataan arsip, fasilitas kantor, dan kompetensi pegawai terhadap peningkatan kualitas pelayanan ketatausahaan sebesar 65,9%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar pertama adalah kompetensi pegawai yaitu sebesar 30,36%, kedua fasilitas kantor sebesar 3,68%, ketiga penataan arsip sebesar 2,31%, dan keempat tata ruang kantor sebesar 0,31%.