Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business
Main Article Content
Abstract
___________________________________________________________________Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jumlah pengangguran adalah dengan cara berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital, efikasi diri, dan lingkungan terhadap intensi berwirausaha dalam e-business. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2015 yang berjumlah 904 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan jumlah sampel sebanyak 251 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital, efikasi diri, dan lingkungan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha dalam e-business pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebesar 57%. Secara parsial, literasi digital berpengaruh dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dalam e-business sebesar 14%. Efikasi diri berpengaruh dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dalam e-business sebesar 7%. Lingkungan berpengaruh dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dalam e-business sebesar 8%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa literasi digital, efikasi diri, dan lingkungan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap intensi berwirausaha dalam e-business pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.