Keefektifan Metode Pembelajaran Student Team Achivment Divison (STAD) Berbantuan Media Android
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis keefektifan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa XI IPS SMA Teuku Umar Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Experimental Design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample test dan uji T. Hasil analisis peningkatan motivasi belajar peserta didik motivasi belajar peserta didik kelas kontrol rata-rata 68% dengan kriteria tinggi sedangkan kelas eksperimen rata-rata 79% dengan kriteria sangat tinggi. Aktiivitas belajar peserta didik lebih tinggi pada kelas eksperimen sebesar 75,2% dengan kriteria sangat tinggi dan kelas kontrol sebesar 67,3% dengan kriteria tinggi. Dari hasil perhitungan uji T hasil belajar ekonomi peserta didik dengan rata-rata hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 66,54 dan kelas eksperimen sebesar 74,11 serta diperoleh sebesar 4,940 dan 1,706 dengan taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukan model pembelajaran STAD berbantuan media aplikasi efektif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada peserta didik XI IPS SMA Teuku Umar Semarang.