Peran OJT Dalam Memediasi Pengaruh Penguasaan Akuntansi, Self Efficacy, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penguasaan mata diklat produktif akuntansi, self efficacy, lingkungan keluarga, dan on the job training terhadap kesiapan kerja siswa program keahlian akuntansi secara parsial. Selanjutnya mengetahui pengaruh penguasaan mata diklat produktif akuntansi, self efficacy, lingkungan keluarga melalui on the job training sebagai variabel mediasi terhadap kesiapan kerja. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Batang tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 71 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi karena dalam penelitian ini mempunyai populasi yang tidak terlalu banyak yaitu berjumlah 71 siswa, sehingga dalam penelitian ini disebut sebagai penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy, lingkungan keluarga, dan on the job training berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, sedangkan penguasaan mata diklat produktif akuntansi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil uji sobel, on the job training dapat memediasi pengaruh penguasaan mata diklat produktif akuntansi, self efficacy, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja.