Efek Efikasi Diri pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan, dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausha mahasiswa dengan efikasi diri sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 323 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh 179 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis uji selisih mutlak.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Kecerdasan adversitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak mampu memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak mampu memoderasi hubungan antara lingkungan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak mampu memoderasi hubungan antara kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Saran penelitian ini yaitu untuk meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa dibutuhkan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan (lingkungan keluarga, sekolah/kampus dan keadaan alam sekitar) yang baik dalam mendukung mahasiswa berwirausaha.