Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Winda Puspitasari
Asrori Asrori

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru dan keefektifan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sejumlah 164 mahasiswa. Sampel penelitian sejumlah 118 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi profesi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru; (2) keefektifan praktik pengalaman lapangan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru; (3) efikasi diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru; (4) persepsi profesi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri; (5) keefektifan praktik pengalaman lapangan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri. Saran yang dapat diberikan antara lain, mahasiswa hendaknya mengembangkan pengetahuan dan aktif mencari informasi tentang profesi guru, mahasiswa dapat memanfaatkan program praktik pengalaman lapangan dengan baik dan maksimal agar memiliki keterampilan mengajar yang baik, serta mahasiswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan kemampuan yang mereka miliki.

Article Details

How to Cite
Puspitasari, W., & Asrori, A. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061-1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724
Section
Articles