Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Prespektif Gender
Main Article Content
Abstract
Perilaku konsumtif adalah perilaku seseorang yang tidak lagi berdasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan kecenderungan matrealistik. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 1 Bae Kudus tergolong tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status sosial ekonomi orang tua, konformitas, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 1 Bae Kudus, baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IIS yang berjumlah 138 siswa, dengan sampel penelitian 91 siswa, dengan rincian 42 siswa laki-laki dan 49 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan tes. Metode analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji beda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 1,529+0,353X1+1,141X2+0,377X3. Status sosial ekonomi orang tua, konformitas, dan literasi keuangan secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 1 Bae Kudus dengan kontribusi 58,6%, secara parsial status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 35,28%. Konformitas berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 55,5%, dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri 1 Bae Kudus. Selain itu berdasarkan hasil uji beda diperoleh rata-rata perilaku konsumtif siswa laki-laki sebesar 59,95 dan rata-rata perilaku konsumtif siswa perempuan sebesar 58,51.