Peran Motivasi Belajar dan Mental Kewirausahaan dalam Memoderasi Kehadiran Terhadap Prestasi Kewirausahaan

Main Article Content

Ika Riyanti
Kardoyo Kardoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kehadiran di kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan melalui motivasi belajar dan mental kewirausahaan di SMK Negeri se-Kota Semarang baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XII di SMK Negeri se-Kota Semarang yang berjumlah 5.271 peserta didik dengan sampel penelitian 98 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh kehadiran di kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan pengaruh total 7,08% (2) kehadiran di kelas terhadap motivasi belajar dengan pengaruh total 40,58% (3) kehadiran di kelas terhadap mental kewirausahaan dengan pengaruh total 22,75% (4) motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan pengaruh total 9,12% (5) mental kewirausahaan terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan pengaruh totalĀ  6,66% (6) ada pengaruh kehadiran di kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan melalui motivasi belajar dengan pengaruh total 26,31% (7) ada pengaruh kehadiran di kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan melalui mental kewirausahaan dengan pengaruh total 19,38%. Simpulan penelitian ini yaitu motivasi belajar dan mental kewirausahaan mampu memediasi secara sempurna pengaruh kehadiran di kelas terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Negeri se-Kota Semarang.

Article Details

How to Cite
Riyanti, I., & Kardoyo, K. (2020). Peran Motivasi Belajar dan Mental Kewirausahaan dalam Memoderasi Kehadiran Terhadap Prestasi Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 65-83. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37226
Section
Articles