Pengaruh Atribut Personal, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut personal, lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2015. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2015 sebanyak 902 mahasiswa dan sampel sebanyak 90 mahasiswa setelah diolah dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut personal, lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2015 sebesar 55,6%. Secara parsial atribut personal berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 7,24%. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 4,93%. Pengetahuan kewiraushaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 24,01%. Simpulan dari penelitian adalah atribut personal, lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan jiwa berwirausaha dengan mengikuti pelatihan tentang berwirausaha.