Pengembangan Economics Edutainment Book Penunjang Bahan Ajar Pokok Bahasan Teori Perilaku Konsumen

Main Article Content

Yuli Setyawati
Joko Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan produk. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (RnD). Model pengembangan penelitian ini dari Sugiyono dengan prosedur pengembangan; (1) Analisis potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi desain produk; (6) Ujicoba pemakaian; (7) Revisi produk; dan (8) Produk masal. Tahap validasi produk dilakukan oleh ahli materi  dan ahli media. Produk yang dikembangkan di ujikan kepada 24 peserta didik kelas XI IPS dan direspon oleh 1 Guru Ekonomi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan produk, angket kelayakan untuk ahli dan angket respon ujicoba pemakaian produk. Hasil pemakaian bahan ajar menunjukkan tingkat kelayakan pada aspek edutainment sebesar 81,87%, aspek materi sebesar 81,67% dan aspek bahasa sebesar 80,20%. Rata-rata ideal penilaian bahan ajar dari respon guru memperoleh skor 87,50% dengan kriteria sangat baik, sedangkan dari respon peserta didik memperoleh skor 81,27% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil pemakaian bahan ajar peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran yang ditunjang Economics Edutainment Book mampu memberikan suasana belajar yang santai, mengasyikan dan menyenangkan.

Article Details

How to Cite
Setyawati, Y., & Widodo, J. (2020). Pengembangan Economics Edutainment Book Penunjang Bahan Ajar Pokok Bahasan Teori Perilaku Konsumen. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 277-294. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37242
Section
Articles