Pengaruh Jaringan Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha dengan Persepsi Kontrol Perilaku sebagai Variabel Moderasi
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ingin mengetahui pengaruh jaringan sosial dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha dengan persepsi kontrol perilaku sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian 872 mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penentuan sampel sejumlah 274 mahasiswa menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% dan diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang sangat berniat untuk berwirasaha. Hasil statistik inferensial menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan jaringan sosial terhadap niat berwirausaha, terdapat pengaruh positif signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha, persepsi kontrol perilaku memoderasi secara signifikan pengaruh jaringan sosial terhadap niat berwirausaha, dan persepsi kontrol perilaku memoderasi secara signifikan pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Saran dalam penelitian ini yaitu Universitas hendaknya mendorong terselenggaranya mata kuliah kewirausahaan yang dapat meningkatkan kecakapan berwirausaha dan menyelenggarakan program kewirausahaan seperti seminar dan pelatihan secara rutin untuk menumbuhkan niat berwirausaha mahasiswa.