Variabel Determinant Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pasar Srondol

Main Article Content

Pariyem Pariyem
Widiyanto Widiyanto
Wijang Sakitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan UMKM yang terdiri dari : modal usaha, strategi pemasaran, bahan baku, karakteristik wirausaha, teknologi, kualitas SDM dan peran pemerintaah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana sampel yang di ambil yaitu 100 UMKM yang ada di pasar Srondol yang termasuk kedalam 10 klaster produk ungguan kota Semarang.  Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan wawanara sebagai observasi awal. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi berganda dan teknik analisis statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel modal usaha, strategi pemasaran, bahan baku, karakteristik wirausha, teknologi , kualitas SDM dan peran pemerintah berpengaruh terhadap pengembangan UMKM yaitu sebesar 54% dan 46% di pengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan secara parsial ada faktor yang signifikan dengan pengembangan UMKM dan ada faktor yang tidak signifikan terhadap pengembangan UMKM. Faktor yang signifikan terhadap pengembangan UMKM yaitu modal usaha yang memiliki pengaruh sebesar 21,34%, variabel strategi pemasaran memiliki pengaruh sebesar 5,24%, dan kualitas SDM memiliki pengaruh sebesar 5,01%. Faktor yang tidak signifikan terhadap pengembangan UMKM di pasar Srondol yaitu bahan baku, karakteristik wirausaha, teknologi dan peran pemerintah.

Article Details

How to Cite
Pariyem, P., Widiyanto, W., & Sakitri, W. (2020). Variabel Determinant Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pasar Srondol. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 316-331. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37245
Section
Articles