Pengaruh Pemahaman Analisis Transaksi, Persamaan Dasar Akuntansi dan Konsep Debit Kredit terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian dengan Kemampuan Berpikir Deduktif sebagai Variabel Moderating

Main Article Content

Nur Khabibah
Agus Wahyudin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pemahaman siswa mengenai Analisis Transaksi, Konsep Debit Kredit, Persamaan Dasar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian dengan Kemampuan berpikir Deduktif sebagai variabel Moderating pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK N 1 Kudus. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Kudus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik sampling random sederhana (simple random sampling) dengan perhitungan berdasarkan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 84 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang di dalamnya terdapat uji asumsi klasik, teknik analisis moderasi (MRA), uji hipotesis, dan uji koefesien determinasi. Simpulan penelitian: 1) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman analisis transaksi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 2) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 3) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman persamaan dasar akuntansi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 4) terdapat pengaruh negative signifikan pemahaman analisis transaksi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif, 5) tidak terdapat pengaruh signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif, dan 6) tidak terdapat pengaruh signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif. Saran bagi guru pengajar akuntansi dasar agar memberikan latihan dan pendalaman materi kepada siswa agar mampu memahami materi jurnal penyesuaian lebih dalam. Dimana sebelum sampai materi jurnal penyesuaian, siswa diharuskan paham analisis transaksi, konsep debit kredit serta persamaan dasar akuntansi.

Article Details

How to Cite
Khabibah, N., & Wahyudin, A. (2020). Pengaruh Pemahaman Analisis Transaksi, Persamaan Dasar Akuntansi dan Konsep Debit Kredit terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian dengan Kemampuan Berpikir Deduktif sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 182-199. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37248
Section
Articles
Author Biographies

Nur Khabibah, Universitas Negeri Semarang

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pemahaman siswa mengenai Analisis Transaksi, Konsep Debit Kredit, Persamaan Dasar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian dengan Kemampuan berpikir Deduktif sebagai variabel Moderating pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK N 1 Kudus. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Kudus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik sampling random sederhana (simple random sampling) dengan perhitungan berdasarkan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 84 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang di dalamnya terdapat uji asumsi klasik, teknik analisis moderasi (MRA), uji hipotesis, dan uji koefesien determinasi. Simpulan penelitian: 1) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman analisis transaksi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 2) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 3) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman persamaan dasar akuntansi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 4) terdapat pengaruh negative signifikan pemahaman analisis transaksi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif, 5) tidak terdapat pengaruh signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif, dan 6) tidak terdapat pengaruh signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif. Saran bagi guru pengajar akuntansi dasar agar memberikan latihan dan pendalaman materi kepada siswa agar mampu memahami materi jurnal penyesuaian lebih dalam. Dimana sebelum sampai materi jurnal penyesuaian, siswa diharuskan paham analisis transaksi, konsep debit kredit serta persamaan dasar akuntansi.

Agus Wahyudin, Universitas Negeri Semarang

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pemahaman siswa mengenai Analisis Transaksi, Konsep Debit Kredit, Persamaan Dasar Akuntansi terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian dengan Kemampuan berpikir Deduktif sebagai variabel Moderating pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK N 1 Kudus. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Kudus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik sampling random sederhana (simple random sampling) dengan perhitungan berdasarkan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 84 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang di dalamnya terdapat uji asumsi klasik, teknik analisis moderasi (MRA), uji hipotesis, dan uji koefesien determinasi. Simpulan penelitian: 1) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman analisis transaksi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 2) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 3) terdapat pengaruh positif signifikan pemahaman persamaan dasar akuntansi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian, 4) terdapat pengaruh negative signifikan pemahaman analisis transaksi terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif, 5) tidak terdapat pengaruh signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif, dan 6) tidak terdapat pengaruh signifikan pemahaman konsep debit kredit terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian yang dimoderasi oleh kemampuan berpikir deduktif. Saran bagi guru pengajar akuntansi dasar agar memberikan latihan dan pendalaman materi kepada siswa agar mampu memahami materi jurnal penyesuaian lebih dalam. Dimana sebelum sampai materi jurnal penyesuaian, siswa diharuskan paham analisis transaksi, konsep debit kredit serta persamaan dasar akuntansi.