Determinan Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB dengan Dasar Akuntansi sebagai Variabel Intervening
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh dari computer attitude, matematika ekonomi, dan Bahasa Inggris terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB melalui dasar akuntansi sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi UNNES 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan program SPSS 21.0 dan analisis jalur (path) menggunakan program AMOS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer attitude dan dasar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar MYOB, sedangkan Bahasa Inggris tidak signifikan terhadap prestasi MYOB. Bahasa Inggris dan computer attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan dasar akuntansi. Pengaruh matematika ekonomi tidak signifikan terhadap penguasaan dasar akuntansi dan computer attitude, tetapi matematika ekonomi berpengaruh terhadap Bahasa Inggris. Saran dari penelitian ini agar peneliti selanjutnya agar menggunakan indikator variabel Bahasa Inggris dengan menggunakan nilai Bahasa Inggris secara keseluruhan atau mengunakan tes penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Sedangkan untuk variabel matematika ekonomi menggunakan indikator nilai matematika secara keseluruhan atau menggunakan tes penguasaan matematika.