PENGARUH CARA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh positif cara belajar, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi akuntasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang baik secara simultan maupun parsial. Populasi berjumlah 93 siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Magelang. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang yang berjumlah 93 orang, karena sampel dalam penelitian ini hanya berjumlah 93 siswa sehingga kurang dari 100, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan cara belajar, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang sebesar 70,1%. Sedangkan secara parsial cara belajar berpengaruh positif sebesar 15,8%, lingkungan keluarga berpengaruh positif sebesar 8,6% dan fasilitas belajar berpengaruh positif sebesar 4,6% terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang.
The purpose of this research is to know is there any positive influence of learning style, family environment, and learning facilitiy to the the accounting economics academic achievement 11th social students class at Senior High School 4 of Magelang either simultaneously or partially.The population in this study amounted to 93 students of 11th social class at Senior High School 4 of Magelang. Samples taken are all students of 11th social class at Senior High School 4 of Magelang, amounting to 93 students, because the sample in this study amounted to only 93 students, so less than 100, it can be concluded that this study is a population study. Methods of data collection using questionnaires and documentation. While the methods of data analysis includes descriptive and multiple regression analysis.The results showed that simultaneous learning style, family environment, and learning facilitiy positive effect the learning achievement of economics academic achievement 11th social students class at Senior High School 4 of Magelang was 70,1%. While the partial positive effect of  learning style is 15.8%, family environment effect is 8,6% and learning facilitiy is 4,6% to the accounting economics academic achievement 11th social students class at Senior High School 4 of Magelang.
Article Details
References
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dasari, Pushpavathie. 2006. The Influence Of Matching Teaching And Learning Styles On The Achievement In Science Of Grade Six Learners. Jurnal Internasional.
Fadzilah, Nuzulul. 2010. “Pengaruh Minat Belajar, Fasilitas Belajar Di Sekolah, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2008/2009â€. Skripsi. SEMARANG: Fakultas Ekonomi UNNES.
Pakpahan, Haryadi. 2012. “Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Perstasi Belajar Siswa di SMK Raksana 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013â€. Skripsi. Medan: UNIMED.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ridho, Muhammad Akbar. 2012. “Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Muh. Kutowinangun Kebumenâ€. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Grasindo.