PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, BUDAYA LOKAL DAN PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Nooriza Jananti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaan diri, budaya lokal dan pendidikan agama terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Demak tahun ajaran 2013/2014 baik secara simultan maupun parsial. Populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 62 siswa, seluruhnya dijadikan responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripstif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Analisis deskriptif kepercayaan diri siswa baik, budaya lokal sangat baik, pendidikan agama baik. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan ada pengaruh kepecercayaan diri, budaya lokal, pendidikan agama terhadap hasil belajar ekonomi siswa (37,7%).(2) Ada pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa (16,56%).(3) Ada pengaruh budaya lokal terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa (10,50%).(4)Tidak ada pengaruh pendidikan agama terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa.

The purpose of this study was to determine whether there is influence of self-confidence, the local culture and religious education on learning outcomes of economic subjects class XI IPS SMAN 1 Demak 2013/2014 school year either simultaneously or partially. The population of the entire class XI IPS SMAN 1 Demak academic year 2013/2014 amounted to 62 students, all as respondents. Using questionnaire data collection techniques and documentation. Data analysis method used is deskripstif analysis techniques. The analytical method used is multiple regression analysis. Descriptive analysis of both student confidence, the local culture is very good, good religious education. The results of this study showed no statistically significant effect of self kepecercayaan, local culture, religious education on learning outcomes of economics students (37.7%). (2) There is a confidence effect on learning outcomes of students of economic subjects (16.56%). (3) there is a local cultural influences on learning outcomes of students of economic subjects (10.50%). (4) there is no influence of religious education on learning outcomes of students of economic subjects.

 

 

Article Details

How to Cite
Jananti, N. (1). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, BUDAYA LOKAL DAN PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3866
Section
Articles

References

Astuti, Tia. 2012. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Dalam Jurnal Kajian Pendidikan Akuntasi Indonesia. Volume 1, No. 2. Yogyakarta: FE UNY.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011 .panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Mulyaningsih, Sri Setya. 2013. Pengaruh Model Problem Solving Berbasis Budaya Lokal Terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar IPS. Dalam e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3. Singaraja: Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar.

Muhammad.2005. Pengantar Akuntansi Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Munib, Achmad, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.
Putri, Faya Sukma. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 3 Magelang. Semarang: Fakultas Ekonomi Unnes.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

PP No. 55 Tahun 2007. Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Kemenag.

Ramburuth, Prem & Tani, Massimiliano. The Impact of Culture on Learning: Exploring Student Perceptions.
Multicultural Education & Technologi Journal, Vol. 3, 2009: 182-194.

Rifa’i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang.UNNES Press.

Santrock, John. 2003. Adolescene Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Setiyarini. 2011. Ritual Grebeg Besar Demak Kajian Makna, Fungsi dan Nilai. Dalam Jurnal PP Volume 1. No. 2.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sulasman. 2013. Teori-teori Kebudayaan. Bandung: Pustaka Setia.

Tavani, Christopher M & Susan C Losh. Motivation, Self Confidence, and Expectations as Predictors of The Academic Performances Among Our HIGH SCHOOL Students. Child Study Journal, Vol. 33 No. 3, 2003: 141-151.

Wahaningsih, Musiatun. 2012. Hubungan Antara Religiusitas, Konsep Diri, dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Walgito, Bimo. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi.