PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh kesiapan belajar, motivasi belajar, fasilitas belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap keterampilan mengetik mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran secara simultan maupun parsial. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan tahun 2011 yang telah mengikuti mata kuliah mengetik manual I, mengetik manual II dan mengetik elektronik sebanyak 115 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y = -1.047 + 0.037X1 +0.106X2 + 0.055X3 + 0.093X4. Ada pengaruh secara simultan sebesar 70.6%, sedangkan pengaruh secara parsial kesiapan belajar sebesar 4.162%, motivasi belajar sebesar 16%, fasilitas belajar sebesar 10.3%, dan lingkungan teman sebaya sebesar 11.9%.
Â
The purpose of this research is to find out whether is there any influence of readiness to learn, learning motivation, learning facilities and peers environment towards students of office administration either simultaneously or partially. The population in this research is 115 students of office administration year 2011 who have finished their study on manual typing I, manual typing II and electronic typing. The data was collected using questioner, test and documentations. The data analysis technique used in this research was descriptive analysis and multiple regression analysis. The result of the multiple regression analysis is Y = -1.047 + 0.037 Â + 0.106 Â + 0.055 Â + 0.093 . There is a simultaneous influence as much as 70.6%, whereas partially the influence of readiness to learn as much as 4.162%, learning motivation 16%, learning facilities 10.3% and peers environment 11.9%.
Article Details
References
Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Ghozali, Haji Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro
Marimin dan Agung Kuswantoro. 2011. “Penggunaan Media Gudmen untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik Manual 10 Jari Buta pada Mahasiswa Administrasi Perkantoran FE UNNESâ€. Jurnal. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES
Marimin. Sularso dan Agung Kuswantoro. 2012. Keyboarding Dengan Sistem 10 Jari. Semarang: Unnes Press
Novandi, Rizal dan M. Djazari. 2012. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012â€. Jurnal. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY
Rieveld, Piet dan Tri Suryanto. 1994. Masalah pokok dalam regresi berganda. Yogyakarta: Andi Offest
Rifa’i dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tatang dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Perkoperasian Indonesia.