Pengaruh Fasilitas Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Dewi Veronica

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah fasilitas belajar, keterampilan mengajar guru, dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dasar kelas X SMKN 1 Surabaya melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 119 peserta didik, dipilih dengan teknik simple random sampling. Angket dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan fasilitas belajar, keterampilan mengajar guru, dan minat belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar masing-masing sebesar 37,1%, 50,5%, dan 77,6%. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh langsung dan tak langsung fasilitas belajar, keterampilan mengajar guru, dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi dasar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening.

Article Details

How to Cite
Veronica, D. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 54-64. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i1.38888
Section
Articles