PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), CARA BELAJAR, DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANGSRI KABUPATEN JEPARA

Main Article Content

Khumaidi Khumaidi
Tarsis Tarmudji

Abstract

Proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami suatu hambatan atau kesulitan. Hambatan-hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern, diantaranya adalah kecerdasan intelektual, cara belajar, dan kreativitas guru dalam pembelajaran. Observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 73, sedangkan tingkat kecerdasan intelektual, cara belajar dan kreativitas guru dalam pembelajaran tergolong baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, cara belajar, dan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bangsri tahun ajaran 2013/2014 baik secara simultan maupun. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangsri Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 167 orang.Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena lebih dari 100 orang sehingga diambil 114 orang sebagai objek penelitian dengan teknik proporsional random sampling.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear berganda.

 

Proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami suatu hambatan atau kesulitan. Hambatan-hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern, diantaranya adalah kecerdasan intelektual, cara belajar, dan kreativitas guru dalam pembelajaran. Observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 73, sedangkan  tingkat kecerdasan intelektual, cara belajar dan kreativitas guru dalam pembelajaran tergolong baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, cara belajar, dan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bangsri tahun ajaran 2013/2014 baik secara simultan maupun. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangsri Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 167 orang.Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena lebih dari 100 orang sehingga diambil 114 orang sebagai objek penelitian dengan teknik proporsional random sampling.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Uji hipotesis yang digunakan regresi linear berganda.


Article Details

How to Cite
Khumaidi, K., & Tarmudji, T. (2014). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), CARA BELAJAR, DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3931
Section
Articles

References

Dalyono, M.2005.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Diana, Riki Marta.2012.”Pengaruh Tingkat Intelegensi, Motivasi, Dan Lingkungan KeluargaTerhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Kelas XI IS Di SMA 1 Cepiring”.Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Djamarah, Syaiful Bahri.2005.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Musliani, Ika.2011.”Pengaruh Moralitas Dan Kreativitas Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Banyumas”.Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Purwanto, M. Ngalim.2007.Psikologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
______2003.Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Wiwiseno, Yogi.2011.”Pengaruh Minat, Disiplin, Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Brebes”Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES