PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUIK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantua Kartu soal dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar penyusunan laporan keuangan oerusahaan jasa di SMA Negeri 1 Karanganom tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik pair matching, diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan observasi. Analisis data hasil belajar ((sebelum perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, kesamaan dua rata-rata) dan setelah perlakuan (statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, uji hipotesis)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar serta lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi kompetensi dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa dibandingkan model pembelajaran konvensional. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran TSTS berbantuan media kartu soal sebagai salah satu variasi model dan media pembelajaran akuntansi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Tapi dalam penerapannya harus memperhatikan keterbatasannya agar dapat berfungsi secara maksimal.
Â
This study aims to prove the effectiveness of the learning model Two Stay Two Stray (TSTS) assisted problem card media on learning outcomes of the preparation of the financial statement services company of accounting competence in Karanganom 1st State Senior High School academic year 2013/2014. This study is quasi experimental research that designed with nonequivalent control group design. Samples were taken with pair matching sampling Technique, obtained in class XI IPS 3 as the experimental class and class XI IPS 1 as the control class. Methods of data collection are test and observation. Analyzed and learning outcomes data using ((before (statistic descriptive, normality, homogeneity, independent sample t-test) and after treatment (statistic descriptive,normality, homogeneity, hypothesis test. The results showed that the application of learning model Two Stay Two Stray (TSTS) assisted problem card media can improve learnig outcomes and more effective than conventional learning model  on learning outcomes of basic competency preparation of the financial statement services company. Suggestion of this research is expected that teachers apply the model TSTS assisted problem card media as variation of accounting learning model and media in improving the learning outcomes of accounting on the basis of competence general journal. But in the usage should consider the restrictiveness in order to be running maximally.Article Details
References
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiawan, Asto Teguh. 2010. “Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray berpendekatan SETS terhadap hasil belajar Kimia Teori Asam Basa Siswa SMA Negeri Comal-Pemalangâ€.Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.