Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pendapatan, dan Literasi Keuangan terhadap Financial Management Behavior Melalui Financial Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pendapatan, dan literasi keuangan terhadap financial management behavior baik secara langsung maupun melalui financial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 berjumlah 6.505 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 377 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan incidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan keuangan di keluarga, literasi keuangan dan financial self-efficacy berpengaruh positif secara langsung terhadap financial management behavior. Sedangkan, pendapatan berpengaruh negatif terhadap financial management behavior. Secara tidak langsung, pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan literasi keuangan terhadap financial management behavior dimediasi oleh financial self-efficacy. Selain itu, riset ini juga menemukan bahwa financial self-efficacy dipengaruhi oleh pendidikan keuangan di keluarga dan literasi keuangan. Namun, pendapatan ditemukan tidak berpengaruh terhadap financial self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pendidikan keuangan di keluarga dan literasi keuangan berpengaruh terhadap financial management behavior baik secara langsung maupun melalui financial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Terdapat pengaruh negatif pendapatan terhadap financial management behavior dan tidak ada pengaruh pendapatan terhadap financial management behavior melalui financial self-efficacy.