Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Perencanaan Karir terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya dan perencanan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Slawi dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan akuntansi sebanyak 125 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 125 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar sebesar (38,3%) dan perencanaan karir tehadap motivasi belajar sebesar (41,6%). Pada motivasi belajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan sebesar (25,8%), perencanaan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan sebesar (78%). Lingkungan teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat melanjutkan sebesar (-33,8%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya dan perencanaan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan taraf signifikansi sebesar (0,044) dan (0,025). Simpulan penelitian ini adalah lingkungan teman sebaya dan perencanaan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui motivasi belajar.