Pengaruh Self Efficacy sebagai Mediasi dari Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha

Main Article Content

Yunia Puji Lestari
Sukirman Sukirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi dan keuangan lembaga SMK N 1 Pati tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 179 responden, sampel diperoleh dengan teknik proporsional cluster random sampling sebanyak 124 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variablel minat berwirausaha masuk dalam kategori sangat tinggi, pendidikan kewirausahaan masuk kategori sangat baik, lingkungan keluarga masuk dalam kategori baik dan self efficacy masuk dalam kategori sangat tinggi serta self efficacy mampu memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Saran untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa sebaiknya pihak sekolah menambah kegiatan pendidikan kewirausahaan di luar pembelajaran dikelas seperti kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan lainnya yang mampu menunjang kompetensi kewirausahaan siswa.

Article Details

How to Cite
Lestari, Y., & Sukirman, S. (2020). Pengaruh Self Efficacy sebagai Mediasi dari Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 615-633. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39469
Section
Articles