PENGARUH MINAT PROFESI GURU, LOCUS OF CONTROL INTERNAL, PERAN GURU PAMONG DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Main Article Content

Fahmi Ulin Ni’mah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat profesi guru, locus of control internal, peran guru pamong dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru pada jurusan pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun parsial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi linier berganda, analisis uji asumsi klasik, dan analisis uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 0,393 + 0,513 X1 + 0,493X2 + 0,278 X3 + 5,472 X4. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya pengaruh secara simultan minat profesi guru, locus of control internal, peran guru pamong dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar  72,8% Secara parsial besarnya pengaruh minat profesi guru sebesar 10,18%, besarnya pengaruh locus of control internal sebesar 9,98%, besarnya pengaruh peran guru pamong 4,88%, dan besarnya prestasi belajar sebesar 3,724%.

The purpose of this research is to find out whether there is an influence of teacher profession interest, locus of control internal, the role of teacher tutor and learning achievment toward readiness of students to become teachers on economic education department faculty of economics Semarang State University either simultaneously or partially. The data collecting method is questionnaire and documentation. The analysis data technique are percentage descriptive, multiple linear regression, the classical assumption test, and hypothesis testing analysis. Result of the analysis shows the multiple linear regression equivalent is Y = 0,393 + 0,513 X1 + 0,493X2 + 0,278 X3 + 5,472 X4. The result of the calculations showed the influence simultaneously of teacher profession interest , locus of control internal, the role of teacher tutor, learning achievment toward readiness of students to become teachers is 72.8%. Partially, the influence of teacher profession interest is 10.18%, the influence of the  locus of control internal 9.98%, the influence of the  role of teacher tutor is 4.88% and the influence of learning achievment is 3.724%.

 

Article Details

How to Cite
Ni’mahF. (1). PENGARUH MINAT PROFESI GURU, LOCUS OF CONTROL INTERNAL, PERAN GURU PAMONG DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3947
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar.2008. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

M , Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman , Mochammad Munir. Tahun XXII, No. 1 April 2012. Pengaruh kemampuan intelektual, pembelajaran individual dan internal locus of control terhadap kompetensi dan kinerja dosen.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Bina aksara.

Liakopuolou, Maria. Vo. 1 No. 21 (Special Issue. December 2011). The Professional Competence of Teachers: Which qualities, Attitude, Skills and Knowledge Conribute to a teachers effectiveness. Aristotle University of Thessaloniki: International Journal of Humanities and Social Science.

Abdul Rahman Shaleh, Wahab dan Muhbib Abdul. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana

Aji, Rahmanto. 2010. Hubungan Antara Locus of Control Internal dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMKN 4 Purworejo. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro

Mulyasa. 2009. Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.