PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN MENGHITUNG PAJAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (STUDI PADA SISWA KELAS VIII-C SMP N 1 JAKEN PATI TAHUN AJARAN 2013/2014)

Main Article Content

Diyah Kusumawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pada pokok bahasan menghitung pajak dengan model pembelajaran Discovery Learning dan mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan menghitung pajak. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Jaken Pati. Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman konsep menghitung pajak sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal, selain itu karena metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu menggunakan ceramah tanpa variasi sedangkan karakter materinya adalah menghitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus.

Hasil penelitian ini diperoleh data pemahaman konsep siklus I nilai rata-rata 72 denan ketuntasan klasikal sebesar 52%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78,67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72%, dan siklus III nilai rata-rata 87,73 dengan ketuntasan klasikal 92%, aktivitas guru pada pembelajaran siklus I  baik, pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I cukup baik, pada siklus II meningkat menjadi baik dan pada siklus III meningkat menjadi sangat baik.

This research aims to know improving knowledge concept on the subject calculation of taxs with discovery learning model and how the use role playing model can improving knowledge concept on the subject calculation of taxs. The subject of this research is the class VIII-C SMP N 1 Jaken Pati. The background of this research is the lack of knowledge concept in calculation taxs so students learning outcomes less optimal, moreover because the learning method that is used is not appropriate to use the oral speech without variation while the character is calculation. This study is an action research conducted in three cycles.

The research finding showed that knowledge concepts in learning cycle I average grade is 72 with percentage of classical completeness is 52%, in cycle II average grade increase to 78,67 with percentage of classical completeness is 72%, and cycle III average grade increase to 87,73 with percentage of classical completeness is 92%, activity of the teacher in learning cycle I is good, in learning cycle II and cycle III increase to very good, activity of the students in learning cycle I is quite good, in learning cycle II increase to good and in learning cycle III increase again to very good


Article Details

How to Cite
Kusumawati, D. (1). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN MENGHITUNG PAJAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (STUDI PADA SISWA KELAS VIII-C SMP N 1 JAKEN PATI TAHUN AJARAN 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3948
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Fattah, Sanusi. dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim NH, Muhammad. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP. (Skripsi). FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Barbasis Kompetensi. Bandung:Rosdakarya.

Mustaqim, 2008. Psikologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito Bandung.

Suryani, Trisni & Tarmudji, Tarsis. 2009. Pengetahuan Perpajakan. Semarang : UNNES PRESS.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.