Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga merupakan faktor-faktor keberhasilan dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebanyak 76% siswa kelas X SMA N 2 Kudus hasil belajarnya masih dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 73.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, dengan siswa berjumlah 280 untuk itu diambil sampel berjumlah 73 dengan sistem random yaitu diambil secara random sampling, penelitian dilakukan dengan pembagian instrumen yang berupa angket/kuisioner.
Hasil penelitian diperoleh bahwa disiplin belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 37,1%, motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 32%, lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap presatsai belajar sebesar 29 %, dan ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar dengan dibuktikan nilai F = 83,339 dan signifikansi = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa disiplin belajar, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.
Learning discipline, learning motivation, and family environment are the factors to achieve the maximum students’ learning achievement. The problem of this study was 76% of the tenth grade students in SMA N 2 Kudus had learning achievements which were under the KKM.
The subject of the study was the tenth grade students of SMA N 2 Kudus in the academic year 2013/2014. The population of the study was 280 students and the sample of the study was 74 students. Sample was chosen by using random sampling. The instrument of the study was questionnaire which consisted.
The result of the study obtained that learning discipline had influence toward learning achievement as 37.1%, learning motivation had influence toward learning achievement as 32%, and family environment had influence toward learning achievement as 29%. The three variables had significant influence toward learning achievement by the F value = 83.339 and the significance = 0.000. Based on the result of the study it could be concluded that learning discipline, learning motivation, and family environment influenced significantly toward students’ learning achievement.
Article Details
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rinekacipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rinekacipta
Darsono, MaX, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan Rinekacipta
E.Bell Gredler, Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV. Rajawali Pers dengan Pusat Antar Universita di Universitas Terbuka
Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Managemen. Semarang: Badan Penerbit Universiats Diponegoro
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunarsa, Singgih D dan Ny. Y. Singgih D Gunarsa. 1992. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Hadi Subrata, MS. 1998. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita. Jakarta : BPK GM
Imam Gunawan. 2011. Lingkungan Pendidikan. Jurnal Manajeman Pendidikan Sosial. Hlm 23-30
Joko Sumarmo. 2011. Minimalisai Pelanggaran Pendidikan di Sekolah Melalui Efektifitas Kinerja Tim Kedisiplinan. Jurnal SMP N Bobot Sari Purbalingga. Hlm 1-8.
Kartono. Kartini. 1990. Perenan Keluarga Berencana Memandu Anak. Jakarta: Cv. Rajawali
Khairudin. 1990. Sosial Keluarga. Yogyakarta: Nur Cahya
Nazir, Moh. 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta : Abadi
Purwanto,M, Ngalim,MP. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosada Karya
Rachman, Maman. 1999. Manajemen Keluarga. Jakarta: Depdiknas Proyek Pendidikan Guru SD
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar. Yogyakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rinekacipta
Soemarmo,D. 1996. Gerakan Disiplin Nasional. Jakarta: Mini jaya Abadi
Sudjana. 2003. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 1990. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Supardi, Imam. 2005. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni
Supranto, Johanes. 2004. Analisis Multivarian Arti dan Interprestasi. Jakarta: Asdi Mahasatya
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Wijaya,cee dan Tabrany Rusyan. 1996. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya