PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK

Main Article Content

Rifanah Rifanah

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas, dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wedung. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wedung yang berjumlah 296 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 81 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu keterampilan mengelola kelas (XI), gaya mengajar guru (X2), dan keaktifan belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data: dokumentasi dan angket. Metode analisis yaitu analisi deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 1,873+ 0,260 X1 + 0,670 X2. Secara deskriptif penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas, dan gaya mengajar guru adalah baik. Pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 84,5%, gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 92,8%, pengarunya positif dan signifikan. Sedangkan pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru secara bersama berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 89,7% dan sisanya sebesar 10,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

The purpose of this study was to determine the effect of classroom management skills, and the teaching style of teachers to students of class VII activity of SMP Wedung throughout the District. In this study population used is the entire Junior High School seventh grade students throughout the District Wedung totaling 296 students. This study used a sample of 81 samples. Sampling technique using proportional random sampling. The variable in this study is the independent variable classroom management skills (XI), the teacher's teaching style (X2), and the activity of student learning (Y) as the dependent variable. Methods of data collection: documentation and questionnaires. Methods of analysis, descriptive analysis of the percentage. Research results obtained by the regression equation Y = X1 + 0.670 0.260 1,873+ X2. In descriptive research shows that classroom management skills, and teachers' teaching style is good. The influence of classroom management skills to the students' learning activeness of 84.5%, teachers' teaching styles to students' learning activeness increased to 92.8%, a positive and significant pengarunya. While the influence of classroom management skills and teaching style of teachers collectively influence the students' learning activeness of 89.7% and the remaining 10.3% is influenced by other factors not examined.


Article Details

How to Cite
Rifanah, R. (1). PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK. Economic Education Analysis Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3992
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prossedur penelitian suatu pendekatan praktek. jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Semarang: UNDIP.

Samion. 2006. Pengaruh Disiplin Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Etika Pontianak. Jurnal. No. I/ XXV.

Sardiman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjana, Andyarto. 2002. Efektivitas pengelolaan kelas. Jurnal pendidikan penaburan. No. 01/ Th.1.