Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri (prakerin), efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI SMK Hidayah Semarang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan anggota populasi sebanyak 143 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil perhitungan data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut : KK= 5,032 + 0,313 (PK)+ 0,141 (ED) + 0,127 (LK) + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan praktik kerja industri (prakerin), efikasi diri, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 47,3%. Secara parsial praktik kerja industri (prakerin) berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 19,36 %, efikasi diri berpengaruh positif secara parsial terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 3,03% dan lingkungan keluarga berpengaruh positif secara parsial terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 2,43 %.