Analisis Kemampuan Manajemen Kearsipan Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan memberikan gambaran seberapa besar kemampuan manajemen kearsipan siswa dari aspek ketelitian, kecerdasan, kecekatan, dan kerapian serta mengetahui apakah kemampuan manajemen kearsipan siswa telah sesuai dengan kemampuan seorang arsiparis yang dibutuhkan di dunia kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 111 orang/responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggukan analisis deksriptif dengan angka indeks. angka indeks. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan manajemen kearsipan siswa ditinjau dari aspek ketelitian masuk kedalam kategori tinggi dengan perolehan angka indeks sebesar 80,98%, aspek kecerdasan masuk kedalam kategori tinggi dengan perolehan angka indeks sebesar 72,23%, aspek kecekatan masuk kedalam kategori tinggi dengan angka indeks sebesar 71,79%, dan aspek kerapian masuk kedalam kategori tinggi dengan angka indeks sebesar 84,92%.