PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 SEMARANG

Main Article Content

Herlinda Destia Ratnasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah dan kompetensi profesional guru melalui motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Semarang secara simultan maupun parsial. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Semarang, kemudian diambil sampel sejumlah 127 siswa dengan teknik proposional random sample. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 24,6%. Kompetensi profesional berpengaruh motivasi belajar sebesar 16,32%. Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 22,65%. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 29,26%. Kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 18,32%. Lingkungan sekolah dan kompetensi profesional guru berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 31,8%. Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebesar 59,7%. Ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebesar 33,7%.

 

This study aims to investigate the influence of the school environment and the professional competence of teachers through students' motivation to learning achievement of economic subjects in class XI Social SMAN 11 Semarang simultaneously or partially. This study includes a quantitative study. The study population was all students in class XI Social SMAN 11 Semarang, then take a sample of 127 students with a proportional random sample technique. Methods of data collection using the documentation and questionnaires. Methods of data analysis using descriptive analysis, regression analysis , and path analysis . The results showed that the school environment influence on learning motivation of 24.6 %. Professional competence influence motivation to learn by 16.32 %. Motivation to learn affects the learning achievement of 22.65 % . School environments influence the learning achievement of 29.26 % . Professional competence of teachers affect learning achievement of 18.32%. School environment and the professional competence of teachers jointly influence the learning achievement of 31.8 %. There is a school of environmental influences on learning achievement through learning motivation by 59.7 %. There is the influence of the professional competence of teachers on learning achievement through learning motivation of 33.7 %.

Article Details

How to Cite
Ratnasari, H. (2014). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4227
Section
Articles

References

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar. 2012. PsikologiBelajar&Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Munib, Achmad. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT.MKK UNNES.

Nur, Triana. 2013.Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Skripsi : UNNES.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007.
Purwanto, Ngalim. 2011. Ilmu pendidikan Teoritis dan Praktis. Jakarta : PT.Remaja Rosdakarya.
Rifa’i dan Chatarina. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Sukari. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bayang. Skripsi : UNNES

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin dalam Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta : PT.Grasindo.

Ulfiyani, Aulia. 2011. Pengaruh Disiplin Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dana Kas Kecil kelas XI Akuntansi dan Administrasi Perkantoran di SMK Cut Nya’ Dien Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi : UNNES.