PENGARUH MOTIVASI, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KENDAL

Main Article Content

Khoerunisa Fitriani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII akuntansi SMK Negeri 1 Kendal baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII akuntansi di SMK Negeri 1 Kendal (105 siswa). Pengambilan sampel dilakukan secara undian dengan metode proportional random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 84 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi dan lingkungan sekolah berpengaruh 91,7% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara simultan. Motivasi berpengaruh 8,07% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial, prestasi belajar berpengaruh 39,56% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh 21,53% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial. Serta lingkungan sekolah berpengaruh 25,50% terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara parsial.

 

The purpose of this research is to determine the level of positive influence between motivation, academic achievement, socio economic status of parents and school environment on interest in continuing education to the college of 12th Accounting Students at Vocational High School 1 of Kendal. Populations that used in this research is students at Vocational High School 1 of Kendal specially 12th accounting students (105 students). Lottery and proportional random sampling method is used to take the sample, which has total 84 students. Methods of the data collection is documentation and questionnaire. Methods of data analysis is descriptive dan hypothesis testing using multiple linier regression analysis. The result of experiment show that motivation, academic achievement, socio economic status of parents and school environment has 91,7 % affect the interest in continuing education to the college simultaneously. Motivation has 8,07% affect the interest in continuing education to the college partially, academic achievement has 39,56% affect the interest in continuing education to the college partially, socio economic status of parents has 21,53% affect the interest in continuing education to the college partially and school environment has 25,50% affect the interest in continuing education to the college partially.

Article Details

How to Cite
Fitriani, K. (2014). PENGARUH MOTIVASI, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KENDAL. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4229
Section
Articles

References

Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statitstik No. 78/11/Th. XVI, 6 November 2013 Tentang Kedaaan Ketenagakerjaan Agustus 2013.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indriyanti, Ninuk dkk. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Dalam Jurnal Pendidikan. Hal 1-10 Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMK.

Nasution, Syafrina. 2013. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Anak Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kelas XI Semester Genap di SMA Sinar Husni Medan Helvetia Kabupaten

Deli Serdang Tahun Pelajaran 2010/2011). Dalam Jurnal Citizenship. Hal 35-52 Medan: FIS: Universitas Negeri Medan.

Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1991 tentang Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Shah, Mahsood. 2013. Factors Influencing Student Choice to Study at Private Higher Education Institutions. Dalam Quality Assurance in Education. Vol. 21 No.4 Australia: University of Newcastle.

Sunarto dan Agung Hartono. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarmono. 2012. Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) pada SMK di Kecamatan Mranggen. Dalam Juornal of Education. Hal 1-10 Semarang: FKIP: IKIP PGRI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
ndang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.